Kado Kopi Luwak SBY Jadi Heboh di Australia


Media di Australia masih membahas oleh-oleh Kopi Luwak dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk “mates“nya Perdana Menteri (PM) Kevin Rudd.

Seperti dilaporkan wartawan antv Uni Z Lubis dari Sydney, Australia, dua hari lalu ketika media memberitakan tukar kado antara SBY dan Kevin Rudd, seorang presenter tv dengan sedikit jahil mengomentari, “Wah, Rudd bisa membuat ‘crappuchino’ dari hadiah kopi itu.

Presenter di sebelahnya tertawa. Mereka memberitakan bahwa Kopi Luwak adalah sejenis kopi yang dihasilkan dari proses metabolisme pencernaan Luwak, sejenis Musang yang hidup di hutan, dan kini dipelihara oleh produsen kopi untuk menghasilkan biji kopi terbaik lewat proses pencernaan.


Gampangnya, Luwak yang pandai memilih  biji kopi yang sudah matang memakan biji itu, lalu produsen mengumpulkan biji kopi yang keluar bersama kotoran Luwak. Kopi ini dikenal sebagai kopi termahal di dunia.

Di sebuah mal di Jakarta, misalnya, harga secangkir  Kopi Luwak bisa tiga kali lipat kopi lainnya. Cerita soal hadiah kopi ternyata belum berhenti.

Media hari ini memuat masalah karantina yang muncul dari hadiah itu. Sejak Januari lalu Kantor Inspeksi dan Karantina Publik (AQIS) Australia mengetatkan aturan bagi masuknya kopi olahan, khususnya kopi yang diproduksi melalui proses pencernaan hewan.

Disebut khusus sebagai contohnya adalah Kopi Luwak! Nah! Alasannya, produk itu berpotensi mengandung penyakit menular atau penyakit eksotik. Makanya, produk semacam ini tak boleh masuk Australia tanpa izin dari AQIS.

Seorang pejabat yang bertugas di kantor PM Rudd memastikan kado dari SBY masih terbungkus rapi dan harus diperiksa AQIS. “Tak ada pengecualian meskipun itu hadiah dari kepala negara,” kata pejabat itu.

Mengingat Rudd juga memberikan kado gitar kayu buatan Melbourne dengan grafir “SBY”, maka, mestinya gitar itu juga diperiksa karantina Indonesia. Siapa tahu membawa potensi penyakit dari kayu Australia?

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 14 Maret 2010, in Berita Dunia, Politik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. saya menjual kopi luwak baik kopi luwak robusta maupun kopi luwak arabica. dijamin kopi luwak asli kunjungi saja http://www.civeto.com terima kasih

  2. Kopi Luwak Udah dikonsumsi sperti di Negara amerika,eropa,cina,korea,taiwan, Udaj Jutaan orang Meminum kopi luwak tapi belum ada laporan penyakit yang disebabkan dari kopi luwak,proses penggorengan/rosting kopi juga melalui tahap pemanasan yang tinggi,jadi penyakit apapun juga tak akan bisa hidup didalam kopi luwak.

  3. jimat judi ampuh sekali hanya di sini hanya asli dari dayak

  4. Selalu saja Indonesia telat mikir dan selalu nyalahi orang….apa udah ada diteliti dan disertifikasi bahwa produk itu ramah lingkungan dan hegienis? Makanya pakai donk ecolable/ Iso 9000 untuk produk-produk unggulan kita….gunakan clean production. Jadi ndak ada yang bisa cleam bahwa produk kita tidak ramah lingkungan, tidak hegienis.

  5. waduh… SBY ngasih hadiah ga’ mikir dulu apah…😀
    kasih aja hadiah koteka atau batik atau alat musik khas indonesia lainnya… apa yah makna pemberian SBY itu,..?

  6. nice info gann…..

    DOWNLOAD ARTIKEL TERBARU GRATISSS…MENGAPA TUHAN HARUS MENJADI MANUSIA ?? DAN MENGAPA MANUSIA HARUS DI TEBUS DENGAN DARAH ??
    Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: