Jangan kau ambil Garudaku….


Garuda didadaku, Garuda kebanggaanku… (oleh Netral)

Disaat eforia kehebatan Timnas Indonesia di ajang PialaAFF, ada saja tingkah warga kita yang sedikit mengusik kemarahan rakyat Indonesia….

Jangan samakan perjuangan rakyat Indonesia saat mengusir penjajah dan saat ini…. Tapi semuanya memiliki peran yang sama…. Dulu, nenek moyang kita berjuang untuk meraih kemerdekaan dan sekarang kita berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan membawa nama bangsa Indonesia menjadi bangsa yang patut diperhitungkan didunia….

Penggunaan logo, lambang dan lagu kebangsaan adalah pemicu jiwa nasionalis rakyat Indonesia…. Jika tujuannya untuk memuliakan bangsa ini, kenapa harus dipermasalahkan….

Seharusnya bukan hanya logo garuda yang dipermasalahkan, tapi juga seragam Timnas… mereka juga pakai kaos merah putih yang melambangkan bendera, kenapa tidak dipermasalahkan?

Aku yakin kalau seluruh bangsa ini di ambil voting…. “Bolehkan logo garuda di pasang di kaos Timnas?”…. Saya yakin, rakyat Indonesia pasti membolehkan…..

Gugatan pencantuman logo Garuda di kostum Timnas Indonesia mengundang kontroversi. BambangPamungkas pun berharap logo Garuda itu tidak dicopot dari seragam Timnas Indonesia.

“Kami mohon jangan renggut lambang Garuda itu dari kami,” kata Bambang seperti dikutip dari laman bambangpamungkas20.com, Kamis 16 Desember 2010.

Bambang menjelaskan, lambang garuda itu telah menjadi saksi dari penjalanan panjang Timnas Indonesia. “BurungGaruda itu adalah sahabat kami yang paling setia, baik dalam kepedihan, kebahagiaan, kekalahan maupun kemenangan,” ujar pemain klub Persija itu.

Dia menambahkan, “Bagi kami, lambang Garuda itu tidak hanya sebuah simbol, akan tetapi juga sebuah pemacu semangat yang tidak ada duanya.”

MenurutBambang, mengenakan seragam berlambangkan klub kebanggaan sudah menimbulkan rasa kebanggaan. Apalagi mengenakan seragam dengan berlambangkan Garuda Indonesia. “Rasa bangga tidak akan pernah sebanding saat kami menggunakan seragam merah-putih berlambang burung Garuda,” ujarnya.

Terkadang, kata dia, para pemain Timnas jatuh tersungkur, sehingga lambang Garuda itu harus kotor oleh tanah dan debu. “Sesekali kami juga harus bersimbah darah, sehingga mungkin lambang Garuda itu terkena percikan darah kami. Akan tetapi, itu adalah bagian dari cerminan totalitas serta loyalitas kami dalam berjuang atas nama bangsa dan negara ini.”

Mengenai gugatan terhadap logo Garuda itu, Bambang menilai, gugatan yang diajukan pengacara DavidTobing itu salah alamat jika hanya ditujukan kepada tim nasional sepakbola Indonesia. Menurutnya, logo Garuda itu sudah dipakai Timnas Indonesia sejak 1956, ketika tim nasional Indonesia berlaga di Olimpiade Melbourne.

Setiap cabang olah raga yang membawa nama Indonesia baik dalam apapun eventnya, hampir semuanya menempelkan lambang kebanggan negara tersebut di seragam mereka. Sehingga, lanjut Bambang, akan lebih tepat jika gugatan tersebut ditujukan kepada KONI, yang dalam hal ini menjadi induk organisasi dari seluruh cabang olahraga di negeri ini.

Sebelumnya, DavidTobing mengajukan gugatan atas pemasangan logo Garuda di seragam Timnas pada Selasa 15 Desember 2010 di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. MenurutDavid, pemasangan logo Garuda itu telah bertentangan dengan Undang-Undang tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta LaguKebangsaan.

David menggugat lima pihak. Mereka adalah Presiden, Menteri Pendidikan Nasional, MenteriNegaraPemuda dan Olah Raga, PSSI, dan Nike.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 16 Desember 2010, in Berita Lokal, Hukum & Kriminal, Olah Raga and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. jangan ambil semua di indonesia ku ini malayisa

  1. Ping-balik: lirik lyrics

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: