Presiden RI Menerima “Avatar Home Tree Award” dari James Cameroon…


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima penghargaan “Avatar Home Tree” dari produser dan sutradara papan atas Hollywood, James Cameron.

“Award kepada Presiden Yudhoyono tersebut, secara simbolik diberikan dalam bentuk sebuah Oak Tree (pohon ek),” kata Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional/Juru Bicara Presiden Dino Patti Djalal dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat.

Menurut Dino, dalam acara penyerahan penghargaan yang dilakukan di Los Angeles, Amerika Serikat itu hadir juga sejumlah selebriti papan atas Hollyowood dan Richard Greene, penulis buku “Words that Shook the World” yang juga sedang menulis satu bab mengenai Presiden Yudhoyono dalam addendum bukunya.

Presiden Yudhoyono, kata Dino, pada kesempatan itu diwakili oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles Subijaksono Sujono.

Pada acara penyerahan penghargaan tersebut, menurut Dino, James Cameron dan Richard Greene menyampaikan kepada hadirin bahwa Indonesia merupakan negara penting di dunia dalam melestarikan lingkungan hidup.

“Ditambahkan, satu pohon Oak tersebut akan ikut dalam program penanaman 1 miliar pohon yang dicanangkan oleh Presiden Yudhoyono,” katanya.

Dalam pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Sujono, Presiden Yudhoyono menyampaikan alasan dibalik komitmen keras Pemerintah Indonesia terhadap kebijakan pembangunan berkelanjutan kehutanan yang meliputi reforestasi, pengurangan deforestasi, pencegahan kebakaran hutan dan kampanye ambisius penanaman pohon berupa gerakan menanam 1 miliar pohon setiap tahun.

“Kami melakukan ini karena kami tahu kami memiliki tanggung jawab moral untuk memelihara `home tree`, yang pada dahannya tergantung nasib planet kita,” katanya.

Tapi, menurut Presiden, negara-negara hutan hujan tropis tidak dapat melakukan semua itu sendiri.

“Negara maju juga harus melakukan bagiannya untuk membantu kami mencapai hutan yang berkelanjutan serta mempromosikan keperluan sosial-ekonomi bagi negara-negara hutan hujan tropis.”

Isu kehutanan, kata Presiden, harus juga menjadi bagian tak terpisahkan dari konsensus baru global terkait perubahan iklim yang masih dirundingkan berdasarkan Kofenrensi PBB mengenai Perubahan Iklim.

James Cameron adalah produser kondang Hollywood yang baru saja memproduksi film Avatar yang berhasil meraih “box office” di seluruh dunia. Film Avatar menceritakan perjuangan penduduk asli suatu planet (planet Na`vi) yang berjuang mempertahankan “Home Tree”, sebuah pohon pusaka yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh makhluk dan planet mereka.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 24 April 2010, in Film, Kesehatan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. hewhheh…hebat dapat penghargaan,,,boleh dong garap film indonesia biar maju kayk film avatar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: