SOSIALISASI UNDANG-UNDANG LALU LINTAS NO. 22 TAHUN 2009 Untuk Kendaraan MOBIL dan MOTOR


  1. Pengendara tidak memiliki SIM, denda Max 1 juta
  2. Pengendara tidak dapat menunjukkan SIM, denda Max 250 ribu
  3. Kendaraan tidak dilengkapi STNK / STCK, denda Max 500 ribu
  4. Kendaraan tidak dilengkapi TNKB (Plat nomor) yang syah, denda Max 500 ribu
  5. Melanggar rambu/marka jalan, denda Max 500 ribu
  6. Melanggar lampu pemberi isyarat lalu lintas, denda Max 500 ribu
  7. Mengemudi secara tidak wajar, mengakibatkan gangguan konsentrasi pada saat mengemudi, denda Max 750 ribu
  8. Pengemudi / penumpang yang duduk disamping pengemudi tidak mengenakan sabuk keselamatan, denda Max 250 ribu
  9. Kendaraan tidak dilengkapi persyaratan tekhnis : kaca spion, lampu, klakson, lampu rem, dll, denda Max 500 ribu
  10. Mobil barang untuk mengangkut orang tanpa alasan, denda Max 250 ribu
  11. Ngetem, menaikkan/menurunkan penumpang tidak pada tempatnya/halte, denda Max 250 ribu
  1. Sepeda motor tidak menyalakan lampu utama pada siang hari, denda Max 100 ribu
  2. Pengendara tidak mengenakan helm Standar Nasional (SNI), denda Max 250 ribu
  3. Pengendara membiarkan penumpang tidak mengenakan helm standar nasional (SNI), denda Max 250 ribu
  4. Sepeda motor tanpa kereta samping mengangkut penumpang lebih dari 1 (satu) orang, denda Max 250 ribu
  5. Sepeda motor tidak dilengkapi persyratan tekhnis : kaca spion, lampu, klakson, lampu rem, dll, denda Max 250 ribu

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 18 April 2010, in Hukum & Kriminal and tagged , , . Bookmark the permalink. 29 Komentar.

  1. huh reflector saya rusak semenjak ada peraturan baru nyalain lampu di siang hari ,,
    baru beberapa bulan dah rusak >.<

  2. Mohon kpd yg berwajib untuk mensosialisasikan secara utuh UU Lalin ini… jgn psl. ttg pengguna jln ja, tp psl. hak pengguna jln jg hrs di sosialisasikan… sprti pengguna jln bisa mengajukan class action jika jatuh krn kondisi jln rusak.. tp nuntut ke siapa yah..

  3. Polisi sih ngk lansung minta duit tapi kasih solusi mao d tilang atu tst, satu sisi sangat membantu tapi tetap salah karna masyarakat jadi tdk disiplin.
    jika penegak hukum tegas pasti rakyat tertip. soal uu lalu lintas cukup mendidik tapi kami fikir polisi juga harus tegas tidak cuma mikirin duit. Oya pak polantas gimana sangsinya kalo stnknya sudah mati ? sy pernah mao bayar pajak tapi dipersulit d petugas samsat, akirnya saya tidak mau bayar dan sampai saat pajak kendaraan saya sudah mati 3 tahun. kami fikir peraturan bayar pajak mesti d permudah supaya masyarakat taat pajak dan peluang petugas untuk pungli pun semangkit kecil.

  4. unang sumantri

    sy sangat tidak setuju dg undang undang yg mengharuskan pengendara motor menyalakan lampu pada siang hari.itu pemborosan.bukankah pemerintah menganjurkan utk hidup hemat.tolong para pejabat kaji lagi tuh uu nya.kecelakaan bukan karena lampu tapi karena ugal ugalan

    • Gak usah ribut soal boros…org2 yg naik motor tuh isi bensin aja PERTAMAX / SUPER
      ada yg pertamax plus ato super extra…
      nyalain lampu juga demi lu org yg naik motor tuh kliatan ama yg naik mobil….
      BIASA bgt motor…dah jalan suka se enak nya…klo nyerempet ato ketabrak..lgsg mobil yg salah…
      klo pgn mati…jgn nyusahin org…
      Nyalain lampu..gak bisa hidup hemat?
      gak nyalain lampu…ati2 ntar bnran gak bisa hidup hemat

  5. Apakah sama dendanya bagi pengendara yang tidak mempunyai sim, baik yang mengendari kendaraan roda 2 (sim C) atau mengendarai mobil besar (truk Tronton) (sim A, B, B1, B2) ? kalau sama alangkah tidak adilnya hukum ini.

  6. tuhan sang pencipta saja maha pemaaf , ,
    kenapa yang di ciptakan nya , ,tidak bisa memberikan maaf ..
    logika nya , ,orang bersalah itu dikasih tau dulu or ultimatum , ,bukan maen catet catet aja di kertas berduit, , ya ga.!.

  7. muatan sosialisasi uu ini hanya mmperluas kesempatan arogansinya polisi memeras rakyat semena-mena saja. membentuk budaya tertip bukan penyelesaiannya dengan Uang”.

  8. FUCK POLANTAS
    POLANTAS = BABI

  9. Bisa gak kawan2 membedakan mana perampok dan mana POLISI. . .!!
    Perampok : pake senjata
    polisi : menggunakan sejata
    perampok : pake seragam
    polisi : menggunakan seragam
    perampok : minta uang
    polisi : meminta uang
    perampok : suka ngancam
    polisi : sering mengancam
    perampok : makan
    polisi : samaa
    perampok : Gak da SIM ga bawa uang, jalan truz..
    Polisi : gak ada sim, Rp. 200.000! Jalan truzz. . Mgkin disini ya bedanya. . .

    • rayhans faizal

      lu jngan asal ngomong..
      itu lu nya aja, salah, gga da sim knapa berani bwa motor.
      bwa motor, harus punya ijin
      emang lu idup di negara ibu lo, ini negara hukum, tapi, jangan kasi low polisinya minta duit di tempat…
      lo bisa selesain di pengadilan yang sangsinya lebih dari 200rb

    • Biasanya yg coment spt itu….kepribadiannya ya gitu deh

  10. Polisi sebagian besar sama saja dari pangkat kecil s/d perwira sami mawon materialistis

  11. saatnya kita lebih tertib lagi dijalan raya.salam tertib

  12. Benahi dulu personel polisinya yang sering melanggar aturan dan sering memakai kenderaan barang bukti yang terkait kasus, baru terapkan peraturan ini. Selagi polisinya tdk patuh bagaimana mungkin masyarakat mau patuh

  13. Hahaha,…

    Sebagai kelurga polisi, saya pun sebel…..walau tidak semua polisi garong, tapi tetep kebawa jeleknya gara2 oknum tuh, bakar aja kali ya…..

    Mulai dari kita perbaiki diri, kalo tetep di tilang, demo aja tuh polisi…

  14. peraturan baru yang dendanya mahal akan memberikan dampak suap-menyuap di jalan makin marak . ketika masyarakat kena tilang maka disitu akan rawan terjadi suap – menyuap dengan petugas dengan alasan “titip sidang”.

  15. penggunaan lampu di siang hari menurut uu no.22 tahun 2009 perlu uji materi karena ini pemborosan padahl bukan ini saja masalah terhadap kecelakaan akan tetapi pengendaranya tidak mentaati peraturan yang ada, dengan kata lain pengendaranya selalu ugal-ugalan bukan karena lampunya,,,,,

  16. APA APARAT KEPOLISIAN TIDAK MENSYUKURI NIKMAT TUHAN…MATAHARI BERSINAR BEGITU TERANGNYA MENGAPA MASIH MENYALAKAN LAMPU DI SIANG HARI?APA UKURAN SEPEDA MOTOR ITU KURANG BESAR??????SEHINGGA TIDAK MEMUNGKINKAN PENGENDARA UNTUK MELIHAT PADA ARAH YANG BERLAWANAN?????MENGAPA RAKYAT KECIL YANG MENJADIKAN SASARAN ANDA??????????TOLONG ANDA JAWAB…….tu undang undang lampu blok juga tidak ada??????mengapa masih di tilang juga????????????

  17. 1. ganti terus peraturan tapi klo penegakkan tidak di jalankan maksimal??nguyahi banyu segoro
    2.pernah dapet sosialisainya???

  18. pa polisi tolong dong sosialisasi UNDANG – UNDANG LALU LINTAS nya yang jelas.

  19. Ponorogo, Kota kecil.tapi Pelajarnya naik motor ugal ugalan di siang sore. bahkan menjelang malam .Pak Kapolres Ponorogo yang baru. mohon ditindak sebab Motor suwaranya sampai gak bisa tidur. kasian bagi Keluarga yg punya orang sudah tua naupun masih kecil

  20. Suprihandi Tjahjanta

    harusnya ada toleransi untuk jumlah penumpang yang bersama anaknya. sebagai contoh jika diberlakukan demikian berarti pengendara harus membonceng anaknya saja, padahal anak kecil rentan mengantuk, bila tidak didampinggi penumpang dewasa akan lebih membahayakan, dan dapat menimbulkan kecelakaan pada si anak.
    Ini adalah kepedulian agar tidak terjadi kecelakaan pada anak anak yang menjadi penumpang hanya satu, dan tanpa pendamping.

  21. mohon koordinasi dengan dengan Polantas Kab. Bima di Pulau sumbawa,NTB. Di sini masih banyak kendaraan bermotor yang menggunakan lampu yang sangat mengganggu pengendara dibelakangnya (menggunakan lampu yang berkuatan nyalanya seperti lampu utama). mohon ditertibkan pak. atas perhatian terima kasih.

  22. kmrin q pakai plat asli tp diperkecil n lbh q tajamkan anggkanya krn yg dari polisi da angkanya miring-miring catnya cepet pudar….tapi tetep aja kena tilang ktanya ukuran harus 12 cm x 10,5…sedangkan plat motor polisi yang diparkir ukurannya ada yg kecil ..ktanya ini bukan motor polisi tp motor yg ditahan……mohon petunjuk pasal 22 yang mana tentang kejelasan ukuran plat nomor, lampu yang di tutup lis dan tidak menggunakan tutup ban?? trs boleh g menanyakan balik SIM yg dimiliki polisi????

  23. wlkekkek..tetap aja jalan klo pun semuanya melanggar…

  24. wah, seprti ini HUKUM yg wajib ditaati seluruh Pemakai Raya. Dan Kami ohon Kepada Pelajar Yg belum Punya SIM Untuk Diyindas secara tegas agar tidak Ugal ugalan di jalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: