Selamat tinggal KA Parahyangan….


Mulai 27 April mendatang, PT Kereta Api Indonesia (PT KA) tidak lagi memberangkatkan KA Parahyangan untuk tujuan Jakarta-Bandung PP. Apa pasal?

Kahumas PT KA Daop I Jabodetabek Sugeng Priyono saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 17 April 2010, mengatakan, karena dalam beberapa perjalanan KA Parahyangan penumpangnya sangat sedikit sehingga tidak bisa lagi menutup biaya perjalanan. Maka, pihaknya menutup perjalanan untuk KA Parahyangan. “Semua rute ke Bandung-Jakarta PP digantikan dengan KA Argo Gede,” katanya menjelaskan.

Sugeng melanjutkan, selama ini kepadatan penumpang untuk KA Parahyangan hanya pada hari libur besar seperti lebaran. Namun, pada hari-hari biasanya penumpang untuk KA Parahyangan kelas eksekutif 76 orang dan bisnis hanya 204 penumpang.

Jadwal baru nanti diperkirakan akan mulai pertengahan April, namun untuk jadwal pemberangkatan masih akan disesuaikan dengan pangsa pasar.

Sugeng menjelaskan, sebelum dihapus pihaknya sudah melakukan survey. Bahkan, untuk mengantisipasi berkurangnya penumpang PT KA juga sempat menurunkan tarif. Namun, hal itu juga tidak menarik masyarakat untuk menggunakan KA. Sehingga jalan satu-satunya adalah dengan menghapus KA Parahyangan dan mengoptimalkan perjalanan KA Argo Gede.

Di samping itu, pada tanggal 30 April mendatang direncanakan akan dioperasikan KA Malabar untuk Malang-Bandung pp dan diberangkatkan dari Bandung pukul 15.00 WIB dan tiba di Malang 08.00 WIB. Kereta tersebut nantinya akan seperti KA Parahyangan dengan formasi rangkaian kelas eksekutif, bisnis. Dan, kalau dimungkinkan kelas ekonomi plus dengan tarif di bawah bisnis dan di atas ekonomi. “Tarif promo mulai 30 April hingga 15 Juni 2010, yaitu eksekutif Rp200 ribu, bisnis Rp130 ribu, ekonomi Rp80 ribu,” ujarnya memaparkan.

Sementara itu, Kepala Stasiun Gambir Sofyan Hasan mengatakan, sampai kemarin pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait penghapusan KA Parahyangan. “Kalau memang ada yang memesan tiket pada pemberangkatan tanggal 27 April sudah tidak bisa lagi, yang ada kami alihkan ke KA Argo Gede,” katanya menegaskan.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 17 April 2010, in Bandung & Persib and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: