Susno Duadji dan film The Terminal-nya Tom Hanks


Apa hubungan antara film “The Terminal” yang diperankan Tom Hanks tersebut dengan Susno? tentunya masalah kewenangan dalam proses penangkapan Susno di bandara Soetta.

Pada bandara-bandara yang memiliki status Internasional berarti standar pelayanan bandara maupun yurisdiksinya pun harus bersifat Internasional.

Ini menunjukkan hukum yang berlaku didalam bandara tersebut haruslah hukum Internasional, dan yang memiliki kewenangan didalam bandara adalah petugas keamanan bandara yang tunduk pada peraturan Internasional. Begitu pula dengan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi didalamnya harus diproses secara hukum internasional.

Kalo juragan pernah liat film The Terminal, ada scene yang menunjukkan bahwa petugas bandara berusaha memancing si Tom Hanks untuk melakukan pelanggaran visa agar bisa diserahkan ke Imigrasi atau ketika petugas bandara sengaja

tidak memberikan akses makan ke pada Tom Hanks agar yang bersangkutan melakukan tindak pidana agar bisa diserahkan ke kepolisian bandara ?

Hal diatas menunjukkan bahwa yurisdiksi penuh ada ditangan petugas pengelola bandara.

Dalam kasus Susno petugas bandaralah yang seharunya berhak menangkap Susno Duadji kalo Susno melakukan tindak pidana di bandara tersebut.

Berhubung Susno tidak melakukan tindak pidana dan mungkin hanya melakukan pelanggaran profesi maka yang berhak menangkap tentu petugas propam, namun yang menjadi masalah adalah Susno ditangkap diwilayah hukum internasional, yang jelas-jelas bukan wilayah yurisdiksi Kepolisian RI.

Aneh khan ?

Dan ada satu lagi, tindakan kepolisian yang melarang atau menghalang-halangi jurnalis meliput kejadian tersebut adalah suatu tindakan pelanggaran HAM dan pelanggaran kebebasan jurnalistik internasional karena dilakukan diwilayah hukum internalsional.

Sayangnya, sepertinya tidak ada satupun ahli hukum yang melihat kasus penangkapan Susno ini dari kacamata yuridiksi Hukum Internasional.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 15 April 2010, in Berita Lokal, Hukum & Kriminal, Politik and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. benar areal pelabuhan internasional polisi tiada hak disana,seperti yg pernah aku alami di malaysia,waktu itu aku menjadi pendatang gelap disana,polisi malaysia tidak mau masuk ke areal pelabuhan dan mencari alasan supaya bisa masuk keareal tersebut untuk menggejar ku.bayangkan puluhan orang indonesia yang bekerja di areal pelabuhan tidak memiliki dokumen yang sah,karena areal pelabuhan internasional bukan daerah hukum polisi,dan mereka menerapkan sistem itu.tetapi lucunya di indonesia polisi,tentara,sampai lurah,berselewran di pelabuhan mencari uang samping di pelabuhan.

  2. Berbuat baik memang butuh pengorbanan, sayangnya di POLRI hampir gak ada suara yang mendukung pak Susno….Oh..POLRI…..ku sayang POLRI ku malang….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: