Tradisi Ciuman Massal Usai Nyepi di Bali


Tradisi Omed-omedan digelar di Jalan Raya Sesetan, Denpasar Bali, Rabu, 17 Maret 2010. Salah satu tradisi unik ini digelar setiap setahun sekali, sehari setelah hari raya nyepi atau disebut hari ngembak geni.

Tradisi omed-omedan dilakukan oleh teruna-teruni (karang taruna-Bali ) atau pemuda dan pemudi banjar Sesetan. Omed-omedan dalam kamus Bali yang berarti tarik. Tradisi ini dilakukan dengan cara tarik menarik dan mencium lawan, dan sering disebut tradisi ciuman masal.

Dalam permainannya, terdapat dua kelompok pemuda yakni kelompok perempuan dan laki-laki. Salah satu wajib mewakili dari kelompok masing-masing untuk digendong dan dipertemukan antar dua kelompok agar saling meraih.

Setelah si laki-laki dapat meraih si perempuan,  lalu panitia menarik keduanya agar berpisah. Hal ini dilakukan secara bergantian, hingga semua peserta kebagian.

Penonton yang penuh sesak maupun peserta bahkan penabuh gendang pun kebagian siraman air yang dilakukan panitia, untuk meramaikan acara.

Ketua Panitia festival omed-omedan, I Putu Wiranata Jaya menjelaskan, tradisi ini bermakna sebagai penghormatan terhadap leluhur dan Ida Hyang Widhi atau Tuhan, serta memupuk rasa kesetiakawanan, keharmonisan, dan menghibur.

“Tradisi ini selain menghibur setelah umat Hindu melaksanakan catur brata penyepian, tapi juga sebagai warisan leluhur kita di desa Sesetan, dan tradisi ini tidak ada didaerah lain,” jelasnya.

Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan , dan dianggap warisan budaya yang memiliki nilai seni dan sakral, karena terkait sesuhunan di Pura Banjar. Meski sempat ditiadakan, namun secara spiritual tradisi ini diyakini harus tetap ada.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 17 Maret 2010, in Berita Lokal and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. visit us for any information about bali, Paradise Island

  2. good if i was there

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: