Ini dia 13 fakta gila tentang gempa bumi…


1. Earth has been more seismologically active in the past 15 years or so, says Stephen S. Gao, a geophysicist at Missouri University of Science & Technology. Not all seismologist agree, however.

2. Bahwa Kota San Francisco bergerak menuju Los Angeles kira2laju sekitar 2 inci per tahun – kecepatan yang sama seperti pertumbuhan kuku jari Anda. Kota-kota akan bertemu dalam beberapa juta tahun. Bagaimanapun gerakan dari utara ke selatan itu telah menimbulkan ketakutan.

3. March is not earthquake month, meskipun sejumlah orang percaya.  Benar, pada 28 Maret 1964, Prince William Sound, Alaska, mengalami peristiwa gempa bumi sebesar 9,2 SR (salah satu terbesar yang pernah ada). Gempa itu telah membunuh 125 orang dan menyebabkan $ 311 juta dalam kerusakan properti. Dan juga pada 9 Maret 1957, Kepulauan Andreanof, Alaska, merasakan gempa bumi 9,1 SR.  Dan yang paling parah gempa bumi di Chili tahun 2010 terjadi pada Februari 27 dengan kekuatannya hingga 9,3 SR.

4. Ada sekitar 500.000 gempa bumi setiap tahun di seluruh dunia, seperti yang terdeteksi oleh instrumen sensitif.  Sekitar 100.000 dari mereka yang dapat dirasakan, dan 100 diantaranya menyebabkan kerusakan setiap tahun. Setiap tahun wilayah California selatan sendiri mengalami sekitar 10.000 gempa bumi, kebanyakan dari mereka tidak dirasakan oleh orang.

5. Matahari dan bulan menyebabkan getaran. Sudah lama diketahui bahwa mereka menciptakan pasang surut dalam kerak planet, sangat kecil versi laut pasang.  Sekarang peneliti mengatakan tarikan matahari dan bulan pada Patahan San Andreas merangsang getaran di bawah tanah.

6. Sebuah kota di Chili bergerak 10 kaki dalam Gempa berkekuatan 8,8 besar 27 Februari 2010. Robekan dalam kerak bumi menggeserkan kota Concepción ke arah barat.  Gempa ini juga diduga telah mengubah sedikit rotasi planet dan memperpendek hari bumi.

7. Tidak ada yang namanya “gempa cuaca.” Menurut US Geological SurveySecara statistik, ada gempa bumi pemerataan dalam cuaca dingin, cuaca panas, hujan cuaca, dan sebagainya. Para ilmuwan mengatakan tidak ada suatu jalan yang secara fisik mengatakan bahwa cuaca dapat mempengaruhi kekuatan beberapa mil di bawah permukaan bumi di mana gempa berasal. Perubahan dalam tekanan udara di atmosfer sangat kecil dibandingkan dengan kekuatan-kekuatan dalam kerak bumi, dan efek dari tekanan udara tidak sampai di bawah tanah.

8. Tonjolan Bumi terpotong sedikit pada Gempa Aceh di Indonesia tahun 2004 dengan kekuatan gempa, 9,0 yang menghasilkan tsunami dahsyat. Tonjolan perutnya bumi dalam kaitannya dengan pengukuran dari kutub-ke-tiang, dan perpindahan tanah bencana menyebabkan pengurangan kecil di tonjolan, membuat planet ini lebih bulat.

9. The Pacific Ring of Fire adalah daerah yang paling aktif secara geologis Bumi. Ini lingkaran Samudera Pasifik, menyentuh pantai Utara dan Amerika Selatan, Jepang, Cina dan Rusia. Dimana mayoritas gempa bumi besar terjadi dianstara batas lempeng utama yang bertabrakan.

10. Pengeboran  Minyak dapat menyebabkan gempa bumi kecil. Umumnya minyak ditemukan dalam sedimen lembut dan licin, ketika minyak dikeluarkan batu lain bergerak dalam untuk mengisi kekosongan, membuat “peristiwa mini-seismik yang tidak terlihat oleh manusia.

11. Gempa terbesar yang pernah tercatat adalah 9,5 magnitudo di Chili pada 22 Mei 1960.

12. Gempa di salah satu sisi Bumi dapat mengguncangkan sisi lain. Para ahli gempa telah mempelajari gempa bumi Aceh 2004 yang memicu tsunami dan menghantam Samudera Hindia menemukan bahwa gempa itu terjadi karena melemahnya setidaknya disebagian daerah terkenal di California San Andreas Fault. Yaitu Gempa Chili pada tahun 1960 yang mengguncang seluruh bumi selama beberapa hari, sebuah fenomena yang disebut osilasi yang diukur oleh stasiun seismik di seluruh planet ini.

13. Gempa bumi yang paling mematikan yang pernah melanda 23 Januari 1556 di Shanxi, Cina. Lebih dari 830.000 diperkirakan telah meninggal.

Sumber : livescience

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 14 Maret 2010, in Pengetahuan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. artikelnya sangat bermanfaat… kebetulan lagi nyari tentang gempa dan tsunamii… trim yah ..

  2. Salam kenal bro, numpang baca, info gempa yg cepat dimana bro?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: