Anand Krishna (seorang guru spiritual) Dituding Lakukan Pelecehan Seksual


Guru spiritual terkenal Anand Krishna (54), Jumat (12/2/2010), dilaporkan ke Komnas Perempuan, Jalan Latuharhary, Jakarta. Anand dilaporkan dengan tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah muridnya.

Dua orang korban pelecehan seksual, Tara dan Sumidah, bersama beberapa rekannya yang pernah berguru dengan Anand Khrisna bermaksud melaporkan praktik penyimpangan yang terjadi di perguruan spiritual Anand Ashram. Mereka didampingi oleh kuasa hukumnya, Agung Mattauch.

“Hari ini melaporkan, termasuk soal dugaan terjadinya pelecehan seksual itu,” kata Agung Mattauch setibanya di Komnas Perempuan.

Dalam rilis yang dibagikan kepada wartawan, Agung mengatakan, setidaknya tercatat ada tujuh korban yang mengaku sebagai korban pelecehan seksual sang guru. Dia memperkirakan masih ada korban-korban lainnya, terutama yang masih berguru dengan Anand Krishna saat ini.

Belum diketahui bentuk tindakan pelecehan yang dilakukan oleh tokoh yang dikenal sebagai motivator ulung itu. Hingga berita ini diturunkan, Agung dan para korban masih melakukan pelaporan di ruang pengaduan Komnas Perempuan.

Dua Perempuan Mengaku “Digerayangi” Anand Krishna

Dua orang yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual oleh guru spiritual terkenal Anand Krishna, TR dan SM, melaporkan tindakan tak senonoh gurunya ke Komnas Perempuan.

TR yang merupakan murid Anand dan SM yang menjadi therapist di salah satu padepokan Anand mengaku telah menjadi korban pelecehan seksual dengan cara dicuci otak atau dihipnotis.

“Telah terjadi praktik pelecehan seksual. Modusnya dengan semacam cuci otak atau hipnotis,” kata Agung Mattauch, kuasa hukum TR dan SM, seusai melakukan pelaporan ke Komnas Perempuan, Jumat (12/2/2010).

TR yang merupakan seorang mahasiswi di sebuah perguruan tinggi swasta mengaku diberikan berbagai benda-benda spiritual, seperti kalung, cincin, gelang, dan giok, sebelum akhirnya mendapat perlakuan tidak senonoh. TR mengatakan, sang guru pernah memeluk, mencium, hingga meraba-raba bagian sensitifnya.

TR mengatakan, sang guru bahkan sering merayu dan memuji TR dengan sebutan TR “Angel”. Perlakuan yang terjadi sejak Februari 2009 itu terjadi pada saat melakukan meditasi di kamar pribadi Anand. “Saya mulai tidak sadar pada saat mulai bersemedi,” ujarnya.

Hal serupa diungkapkan SM, yang merupakan salah satu therapist di padepokan milik Anand. Ia mengatakan pernah dimintai Anand untuk memijatnya di tengah malam. Ia pun tiba-tiba mau saja saat disuruh untuk memijat di sekitar bagian sensitif di tubuh Anand. “Saya seperti tidak kuasa menolak. Setelah selesai itu baru saya sadar,” kata dia.

Puncaknya, kata SM, terjadi pada Oktober 2009. Saat itu, kata dia, dengan dalih melakukan ritual, Anand menyentuh payudara SM. “Saya berontak. Saya merasa ini sudah keterlaluan,” kata dia.

Perlakuan tidak senonoh tersebut, kata Agung, dilakukan di padepokan-padepokan yang berbeda milik Anand Khrisna. Padepokan milik Anand bernama Layeur Veda itu sendiri tersebar di sejumlah daerah, antara lain di Jakarta, yakni di Fatmawati dan di Sunter; Bogor; Yogyakarta; dan Solo.

Hingga saat ini, kata Agung, tercatat sudah ada tujuh orang lainnya yang mengaku menjadi korban Anand Khrisna. “Diduga masih ada yang lainnya, terutama yang masih berguru dengan Anand,” tuntasnya.

*Kompas

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 13 Februari 2010, in Hukum & Kriminal and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. kalau dasarnya tukang cabul jangan dibilang tokoh
    spiritual, bisa jadi dia cerdas dari sisi intelektualnya tapi
    bobrok dari sisi spiritualnya, adili saja kok repot.

  2. anand krisna tidak sejahat itu dia gak sesat dia hanya ingin perdamaian dia bukan dukun dan semua itu gak benar tentang pelecehan itu gak benar dan masalah ini gak ada buktinya cuma di pegang kok tangan nya udah di bilang pelecehan

  3. ha3x,,,,
    Lo emang udah lama ngrasa di lecehin …koq br skrng nglapor ya??

  4. anand krishna memang tokoh sesat, ternyata “arus bawah” ga tahan juga hehehe……..ga ada bedanya dengan duklun cabul berkedok spiritualitas. kunjungi http://anandashram.wordpress.com/ untuk tahu kesesatannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: