Akibat Gempa,70% Arah Kiblat Masjid Melenceng


Departemen Agama (Depag) menengarai ada 70% masjid di Indonesia yang arah kiblatnya melenceng dari yang seharusnya. Hal itu disebabkan pergeseran bumi, salah satunya akibat gempa bumi.

Untuk itu, Depag menginstruksikan kepada kantor wilayah Depag hingga kabupaten untuk melakukan pengukuran kembali arah kiblat. Instruksi tersebut diungkapkan Kepala Bidang Urusan Islam Kanwil Depag Provinsi Jawa Timur, H Abdul Hafid SH MHi.

”Kita mendapatkan informasi dan pendapat dari beberapa ahli geografi yang mensinyalir ada 70 persen masjid di Indonesia yang arah kiblatnya sudah melenceng karena penggeseran bumi akibat gempa,” jelasnya.

Karena itu, pihaknya meminta agar ada pengukuran kembali. Sebab, kata dia, jika terjadi pergeseran 1 derajat saja, maka perbedaanya bisa berjarak 114 kilometer dari Baitullah.

Sedangkan Kabid Urusan Islam Depag Sumenep, MohHosnanMSi, mengaku pihaknya sudah melakukan pengukuran ke beberapa masjid di Sumenep. Di antaranya Masjid Al-Ikhlas Kecamatan Saronggi, Baiturrahman Bluto, Al-Amin Kecamatan Kota Sumenep, Al-Ikhlas Kalianget, Al Huda Batuan, dan Babul Jannah Kecamatan Manding.

”Kami baru melakukan pengukuran arah kiblat terhadap 6 masjid tersebut sebagai sampel laporan. Selanjutnya kami akan melakukan pengukuran yang sama di masjid yang lain,” kata Hosnan.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 12 Februari 2010, in Berita Lokal and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: