Piala Dunia Afsel diancam teror….


KOMPAS.com – Polisi Kamis (21/1) menangkap satu dari dua pria yang membuat ancaman melalui televisi bahwa mereka akan membunuh suporter pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Wawancara yang ditayangkan eTV akhir pekan lalu menimbulkan kontroversi antara masalah kriminal dan kebebasan pers setelah pihak berwenang meminta wartawan dari stasiun televisi swasta itu mengungkapkan jati diri narasumber mereka.

“Seorang pria yang menyiapkan wawancara dengan dua orang pengancam itu ditemukan tewas akhir pekan ini, diduga karena bunuh diri,” kata polisi dan eTV.

Dua pria yang dalam wawancara itu menutup wajahnya mengatakan, mereka akan melakukan perampokan dan pembunuhan selama berlangsungnya Piala Dunia yang diperkirakan akan menarik kedatangan sekitar 450.000 suporter asing itu. Menurut mereka, rencana tersebut sebagai balas dengan terhadap kolonialisme.

“Unit khusus kami, ‘Hawk’, pagi ini telah menangkap satu dari orang yang mengaku akan melakukan kejahatan itu,” kata Menteri Kepolisian Afsel, Nathi Mthethwa.

Polisi yang melancarkan pencarian besar-besaran setelah wawancara televisi itu mengatakan, pria tersebut ditangkap setelah pihaknya mendapat bocoran informasi. Pria itu akan didakwa karena melakukan intimidasi dan memicu kerusuhan, dengan ancaman hukuman hingga 20 tahun penjara.

Mthethwa, yang didukung oleh partai berkuasa ANC dan Komisioner Polisi Behki Cele, mengecam eTV karena menayangkan wawancara tersebut. Namun, pihak televisi itu membela programnya yang menurut mereka sebagai kerja jurnalistik investigasi yang bukan untuk mendukung kejahatan.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 22 Januari 2010, in Olah Raga and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: