Aneh, BI keluarin duit, suratnya nyusul…?


VIVAnews – Panitia Khusus Angket Kasus Bank Century DPR hari ini memeriksa Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan, Darmin Nasution, dan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Fuad Rahmany, sebagai saksi. Dari pemeriksaan tersebut, muncul beberapa temuan baru, di antaranya ketidaksinkronan surat Bank Indonesia ke LPS terkait pencairan dana Rp 1 triliun untuk Bank Century.

“Uang 1 triliun rupiah itu cair pada pagi hari tanggal 24 November 2008, tapi surat BI ke LPS baru dikirim pada sore harinya. Jadi uang dulu, baru surat menyusul,” kata anggota Pansus dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Andi Rahmat, di sela-sela pemeriksaan pansus di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 18 Januari 2010.

Andi menyatakan, selama ini banyak pihak menganggap hal tersebut sebagai rumor. “Tapi Pak Darmin sendiri ternyata berkata, memang begitu kejadiannya. Di sini inkonsistensi hukum menjadi terang-benderang,” ujar Andi.

Peran Darmin dan Fuad dalam proses bail-out Century, kata Andi, memang tidak terlalu banyak. Tapi keterangan keduanya dinilai penting untuk memotret keseluruhan persoalan secara lebih obyektif, dan untuk mempelajari serta merekonstruksi suasana psikologis pengambilan keputusan terkait Century pada Rapat KSSK tanggal 21 November 2008.

“Supaya motif orang-perorang dalam rapat tersebut dapat terbaca,” kata Andi. Di sisi lain, Andi juga merasa terdapat inkonsistensi atas keseluruhan bangunan argumen terkait keberadaan dan peran Komite Koordinasi (KK). Ia berpendapat, semakin jelas bahwa penyerahan KSSK kepada KK tidak memiliki satu pun dasar hukum.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 18 Januari 2010, in Hukum & Kriminal, Politik and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. salam kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: