Benarkah Glenn Fredly terjangkit HIV-Aids?


INILAH.COM, Jakarta – Glenn Fredly berhenti bermusik, setelah 15 tahun berkarir. Ia memilih menetap di Maluku. Kontreversi pun menyeruak. Kabarnya mundur karena terjangkit HIV AIDS? Benarkah?

“Saya harus mengakhiri ini setelah 15 tahun, adalah it’s about time saja. Saya rasa ini satu momentum untuk memulai hidup yang baru,” ungkap Glenn saat ditemui di Hotel Mandarin, Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Glenn memutuskan ini pasca percerainnya dengan Dewi Sandra. Ia merasa apa yang sudah ia alami adalah kontemplasi menata hidup baru.

“Mungkin kontroversial, tapi tidak menurut saya. Ini proses hidup yang baru. Saya akan meninggalkan as a Glenn Fredly tapi musiknya nggak saya tinggalkan. Saya ada bisnis yang saya kerjakan di Timur, saya punya tanggung jawab moral buat saudara-saudara saya di timur,” terangnya.

Glenn bertekad membangun ketertinggalan dan rasa percaya diri saudara-saudaranya di Timur. “Saya akan kembali ke Maluku. Saya sudah ada rumah di sana dan Jakarta sudah terlalu penuh,” paparnya.

Keputusan Glenn yang terkesan mendadak itu membuat para artis, musisi dan pengamat musik terkejut. Salah satunya Bens Leo. Pengamat musik Indonesia itu kepada INILAH.COM, Jumat (15/1) berpendapat, “Saya tahu Glenn sejak dia masih kelas 1 SMA. Saya tahu karena dia sering nyanyi musik jazz. Kalau tentang kabar dia mau berhenti, saya adalah orang pertama yang tidak percaya. Karena, menurut saya, dia tidak memiliki keahlian lain, selain menyanyi. Intinya bisnis dia itu ada di musik. Di Indonesia jarang sekali orang seperti Glenn yang bisa menciptakan lagu, menyanyi dan jadi produser sendiri,” terang Bens.

Menetap di Maluku pun tak bisa dijadikan alasan tepat pengunduran dirinya. Bens mengatakan, “Jadi kalau dia pulang ke Maluku, saya kira nggak akan lama. Paling beberapa bulan saja, habis itu pulang ke Jakarta. Yang ada kalau dia berhenti nanti didemo sama penggemarnya. Soalnya, saya pernah lihat dia di Balikpapan sedang menyanyi di sebuah mal, pakai gitar akustik. Di sana ramai sekali penontonnya. Dia seperti Iwan Fals di balada, tapi dia menjadi di musik jazz.”

Rasa tak percaya juga ditunjukan Cathy Sharon. Cathy mengatakan, “Mungkin dia butuh waktu untuk sendiri dulu kali ya? Karena banyak kejadian, biasalah bagi artis. Saya positif saja, kalau dia akan kembali,” tutur Cathy.

Ia menambahkan, “Dia memang sangat berbakat sekali. Suara dia nggak ada duanya, apalagi kalau di atas panggung. Saya sih berharap dia akan kembali lagi,” ujarmya.

Sementara Julia Perez berpendapat, “Boleh saja Glenn menyatakan akan berhenti. Tetapi sepengetahuan aku, nyanyi itu kan dunianya Glenn, jadi kayaknya nggak mungkin. Sepengetahuan aku kalau sudah cinta ya nggak bisa meningalkan. Paling nanti kalau bosan, dia bakal nyanyi lagi.”

Tersangkut mundurnya Glenn dari dunia musik itu akhirnya justru menimbulkan kabar miring. Glenn yang terlihat kurus dikabarkan karena terserang virus HIV-AIDS.

Glenn pun mengklarifikasinya. Pemilik tembang Januari ini mengaku, “Jujur saya sempat mengalami kronis dalam masalah pencernaan saya, karena saya sempat vegetarian. Saya sempat jatuh karena energi yang saya keluarkan tidak sebanding dengan asupan.”

Pernyataan itu langsung membantah kabar tubuhnya yang kurus akibat HIV-AIDS. Ia tak merasa senang dengan kabar negatif terebut,

“Thank’God I’m still here, every thing is good. Tapi sekali lagi gunakan kata yang bagus karena ini menyangkut hidup orang lain,” tegasnya.

Apa yang dikatakan Glenn dibela ayahnya, Hengky Latumaiholo. “Glenn tidak terserang HIV. Saya tahu Glenn seperti apa. Dia anak saya, dan dia tidak terkena HIV.”

Mantan istri, Dewi Sandra pun membela. “Saya sudah dengar, saya terpukul dan kecewa. Kalau memang nggak ada fakta berarti itu fitnah,” jelas Dewi.

Dewi menjamin Glenn tidak terserang penyakit HIV-AIDS. “Saya tahu Glenn memang lagi sakit dan saya nggak berhak kasih tahu sakitnya apa. Sampai saat ini berat badannya turun sekali karena banyak pikiran dan kerjaan,” terangnya.

Ia menambahkan, “Kita sebagai teman cuma bisa mendoakan dan mendukung. Tiap saat ketemu dia, saya dorong sudah makan belum, tentu sebagai seorang sahabat,” pungkasnya.

Sementara Bens menambahkan, “Glenn itu memang kurus. Saya nggak percaya juga kalau kurusnya seseorang itu karena HIV. Seharusnya itu diklarifikasi dan jangan diberitakan yang negatif.”

Tak berhenti, kabar Glenn mundur karena kegagalan rumah tangga pun ikut menyeruak. “Saya kira nggak ada hubungannya sama sekali dengan kegagalan rumah tangganya. Lihat saja Ahmad Dhani dan Maia. Setelah bercerai mereka malah semakin eksis,” akunya.

Apapun itu, jika Glenn berhenti bermusik, sama saja memutuskan tali rezekinya. Pasalnya, tarif Glenn sekali manggung Rp60 juta hingga Rp70 juta. Sebulan, minimal 6-8 kali mentas.

“Sayang sekali kalau Glenn tiba-tiba berhenti bernyanyi, karena penghasilan Glenn yang saya tahu itu sekitar Rp60 juta-Rp70 juta sekali manggung bersama bandnya.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 16 Januari 2010, in Kesehatan, Lifestyle, Selebriti and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

