China Akan Bangun Bandara Tertinggi di Dunia


Pemerintah China berencana untuk membangun bandara tertinggi di dunia. Bandara ini akan dibangun di wilayah Himalaya, Tibet, yang terletak di ketinggian hampir 4.500 meter.

Seperti diberitakan kantor berita Xinhua dan dilansir AFP, Selasa (12/1/2009), pembangunan bandara di wilayah yang disebut ‘atap dunia’ ini akan dilakukan mulai tahun depan. Proyek ini menelan biaya sebesar 1,8 triliun yuan atau setara dengan Rp 2,4 triliun.

Bandara ini akan dibangun di provinsi Nagqu, yang berjarak sekitar 230 kilometer di sebelah utara ibukota Lhasa, terletak di ketinggian 4.436 meter. Lebih tinggi 102 meter dari bandara Bamda, Tibet yang sejak tahun 1994 dinobatkan sebagai yang tertinggi di dunia.

Nagqu, yang merupakan provinsi terbesar di Tibet terletak di tengah-tengah dataran tinggi Tibet-Qinghai dan menjadi tempat tinggal bagi sekitar 400 ribu masyarakat etnis Tibet. “Dengan adanya bandara ini, diharapkan Nagqu bisa menjadi pusat perekonomian di wilayah dataran tinggi,” ujar pejabat provinsi setempat, Tan Yongshou, seperti dikutip Xinhua.

Ahli ekonomi perencana proyek bandara ini mengatakan, pembangunan bandara akan memakan waktu selama 3 tahun. “Jaringan penerbangan sipil di Tibet telah terbentuk. Sasaran pengembangan berikutnya adalah membuka rute langsung dari Tibet ke negara-negara di kawasan Asia Selatan,” ujar ahli tersebut.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 15 Januari 2010, in Berita Dunia and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: