Ini dia alasan pelarangan film “BALIBO”


Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menegaskan bahwa Departemen Luar Negeri tidak ikut campur dalam pelarangan film Balibo. “Soal pelarangan film Balibo? Ini jelas di luar kewenangan Deplu. Saya yakin lembaga yang mengeluarkan pelarangan itu dengan berbagai pertimbangan,” ujar Menlu di Jakarta, Rabu (2/12).

Meski demikian, Marty menilai, alasan pelarangan film tersebut diputar di Indonesia harus dijelaskan. “Mungkin yang perlu kita lakukan adalah berusaha menjelaskan ke pihak internasional apa latar belakang pelarangan film ini,” ujar Marty. “Kita perlu memastikan jangan sampai keputusan ini membuat permasalahan,” tuturnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Deplu Teuku Faizasyah mengatakan bahwa pemutaran film tersebut dapat membuka kembali konflik Indonesia dan Australia. Balibo merujuk kepada kasus terbunuhnya lima wartawan asing, yaitu Greg Shackleton, Brian Peters, Malcolm Rennie, Gary Cunningham, dan Tony Steward di Balibo, di wilayah perbatasan Timor Leste (dulu Timor Timur) pada 1975.

Ketika itu, kelima wartawan asing tersebut tewas ketika meliput masuknya tentara Indonesia ke Timor Leste. Pemerintah Indonesia mengatakan, kelima wartawan asal Australia, Selandia Baru, dan Inggris tersebut tewas karena terjebak di medan peperangan. Namun, pengadilan koroner di negara bagian Australia, New South Wales, pada 2007 mengatakan, berdasarkan hasil investigasi, kelima wartawan tersebut dibunuh oleh tentara Indonesia.

Film Balibo sedianya diputar dalam Jakarta Internasional Film Festival (Jiffest) ke-11 yang akan berlangsung 4-12 Desember 2009. Namun, Lembaga Sensor Film (LSF) menilai, film tersebut tidak lolos sensor sehingga tidak bisa diputar.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 3 Desember 2009, in Film and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: