Indonesia optimis menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022


Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, menegaskan, Indonesia tetap percaya diri maju sebagai kandidat tuan rumah Piala Dunia 2022.

“Lihat Afrika Selatan, ekonomi mereka tidak jauh berbeda dengan Indonesia, tetapi mereka bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Nurdin Halid, PSSI selaku pemilik otoritas sepakbola nasional optimis bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 tanpa harus melibatkan negara lain sebagai tuan rumah pendamping (co-host). “Saya optimis bisa menggelar Piala Dunia tanpa negara lain,” kata dia.

“Tuan rumah Piala Dunia bersama negara lain tidak mendapat lampu hijau dari FIFA selaku otoritas sepakbola dunia,” kata Nurdin Halid menjawab kemungkinan Indonesia melibatkan negara lain sebagai tuan rumah pendamping Piala Dunia 2022.

SANGAT SERIUS

Nurdin juga mengungkapkan kalau Thailand, melalui Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva yang juga Ketua Asosiasi ASEAN, tertarik menjadi co-host Indonesia pada Piala Dunia 2022.

“Tidak mungkin ada co-host Piala Dunia dan FIFA tidak menyukai seperti itu. Indonesia masih tetap sebagai calon tuan rumah tunggal Piala Dunia. Indonesia sangat serius untuk hal itu,” kata Nurdin.

Selain itu Indonesia pun mendapat dukungan penuh dari Conmebol. Simpati dan dukungan pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 mengalir dari negara-negara yang tergabung dalam Federasi Sepakbola Amerika Latin (CONMEBOL). Dukungan itu disampaikan, Selasa (8/9) malam waktu Paraguay, ketika menerima tim Lobi Indonesia yang dipimpin Ketua Umum PSSI Nurdin Halid.

Indonesia tidak main-main mengkampanyekan diri agar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 sehingga mampu bersaing ketat dengan sejumlah negara yang sudah sama-sama mencalonkan diri, termasuk Amerika Serikat, Australia atau Jepang dan Korea Selatan. Indonesia juga melakukan berbagai pendekatan kepada berbagai federasi sepakbola benua lainnya untuk mendapatkan dukungan serupa.

Presiden CONMEBOL, Leoz Nicolas mengungkapkan kesediaannya menyuarakan dukungan CONMEBOL dalam pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Dukungan yang akan dilakukan antara lain melobi anggota-anggota Exco FIFA lainnya.

Anggota Exco FIFA berjumlah 25 orang, termasuk Presiden FIFA Josepp Blatter, serta wakil presiden senior Julio H Grondona dari Argentina, yang juga ketua asosiasi sepakbola Argentina. Nurdin Halid juga direncanakan bertemu Julio Grondona. Sebagai pimpinan CONMEBOL, Leoz Nicolas secara otomatis juga menjadi anggota Exco FIFA.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 22 November 2009, in Olah Raga and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. “saya yakin Indonesia bisa jadi tuan rumah piala dunia 2022. Afrika Selatan saja bisa, kenapa kita tidak?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: