Anggun : Aku dijatuhkan bangsaku sendiri…


Menanggapi teguran dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), yang keberatan karena sebagai Goodwill Ambassador (Duta) Food and Agriculture Organization (FAO) Anggun membiarkan tur konsernya di Indonesia tahun ini disponsori oleh perusahaan rokok, Anggun mengutarakan sikapnya di Kantor Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan di Jakarta, Jumat (20/11).

Sebagaimana telah diberitakan media, Komnas PA sudah menyatakan keberatan mereka atas tur konser Anggun tahun ini di Indonesia yang disponsori oleh perusahaan rokok karena Anggun merupakan Duta FAO, yang mengemban misi memerangi kelaparan dan kemiskinan, sedangkan rokok merupakan salah satu penyebab kemiskinan.

Menanggapi teguran Komnas PA itu, Anggun menyesali langkah yang diambil oleh mereka untuk menyatakan keberatan mereka. “Mereka kirim surat ke FAO, kemudian ke manajemen. Tiba-tiba aku terima banyak surat dari Amerika dan banyak negara lain. Aku merasa, kenapa mereka (Komnas PA) enggak langsung menyurati kami dulu,” kata Anggun di Kantor Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan.

“Memang, mereka pernah melihat aku merokok. Misalnya ada orang yang merokok pun, aku enggak pernah mengajak. Itu pilihan mereka sebagai gaya hidup. Itu bukan sama sekali gaya hidupku. Jadi, kalau mereka menuduh aku mempromosikan rokok, buktinya apa? Aku bukan di-endorse oleh perusahaan rokok. Memang hampir semua event di Indonesia identik dengan rokok. Event olahraga saja ada yang disponsori rokok. Mereka bisa berpikir mana yang baik dan mana yang buruk,” jelas perempuan Jawa bernama lengkap Anggun Cipta Sasmi ini.

Aku Anggun, ia tak mengetahui secara rinci isi kontraknya. Sambungnya, ia hanya penyanyi dalam konsernya tersebut. Namun, akunya lagi, ia sudah meminta agar sponsor mengurangi promosi alam konsernya. “Bahkan, di panggung tidak ada logo rokok dan sponsor itu enggak ada hubungannya dengan artis,” tutur ibu satu anak ini. “Kalau ada event, manajerku yang teken (menandatangani) kontrak dengan promotor lokal. Aku dikontrak untuk membuat lima konser dan sebagai penyanyi aku harus me-respect kontrak itu. Tapi, aku sudah minta ke perusahaan rokok itu untuk mengurangi promosi mereka di konser aku,” tuturnya lagi.

Menurut Anggun, surat teguran yang datang kepadanya dari Komnas PA salah alamat. “Mereka menuduh orang yang salah. Yang (membuat) sakit hati, kenapa saat aku dilantik jadi Duta FAO aku malah dijatuhkan oleh bangsa sendiri. Padahal, aku enggak pernah mencemarkan nama baik Indonesia. Mungkin, yang harus ditegur bukan kami. Tapi, peraturannya yang harus diganti. Bukan kami. Mereka salah orang,” paparnya.

“Kenapa selalu aku yang harus dijatuhkan oleh orang Indonesia? Untuk ke depannya, aku harus lebih hati-hati. Tapi, seperti aku bilang tadi, di Indonesia, ini sesuatu yang biasa,” tuntasnya.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 22 November 2009, in Selebriti and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: