Sedikit cerita tentang Ong Yuliana Gunawan…


Singky Suwaji, mantan ketua Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Jatim, mengaku jika selama ini Ong Yuliana Gunawan `sangat licin.`

“Dia memang bede narkoba yang sering keluar masuk penjara bahkan sudah tiga kali ditangkap namun selalu diperlakukan secara istemewa dan terakhir setelah divonis dan di penjara di Madiun kabarnya tidak terdengar lagi,” kata Singky.

Diakuinya selama ini Ong Yuliana Gunawan saat terjerat kasus narkoba bisa lolos dari hukuman yang maksimal karena diduga dekat dengan sejumlah pejabat.

“Ong Yuliana Gunawan saat tersangkut kasus narkoba, orang yang diduga Waka Jaksa Agung Ritonga yang disebut dalam rekaman tersebut saat itu bertugas di Surabaya,” kata Singky.

Menurutnya bandar narkoba seperti Ong Yuliana seharusnya dihukum seberat-beratnya saat tertangkap membawa narkoba saat itu namun hukumannnya terlalu ringan.

Yuliana memang termasuk orang terkenal. Dia disebut-sebut kenal banyak pejabat penting di bidang hukum. Bahkan, dia bisa menikmati suasana poliklinik karena dukungan mereka. Bukan hanya pejabat, Yuliana juga memiliki hubungan pertemanan dengan Roy Marten, artis sekaligus terpidana narkoba selama dua kali.

Hal itu terjadi karena Yuliana merupakan adik Fredy Mappatula, peragawan sekaligus teman Roy saat menghuni Lapas Cipinang. Mereka bertiga pernah bertemu di Medaeng pada 31 Maret 2007.

Untuk kali kedua, Yuliana masuk Medaeng bersama Fredy. Dia dan Fredy bersamaan masuk Medaeng sejak 16 Maret 2007. Mereka ditangkap anggota Polwiltabes Surabaya pada 18 Januari 2007 di sebuah apartemen di Jalan HR Muhammad. Di tangan mereka ditemukan dua poket sabu-sabu (SS) seberat 0,9 gram.

Pada kasus pertama, Yuliana ditangkap pada 2 November 2006 oleh Polresta Surabaya Selatan di rumahnya di Jalan Kedungdoro. Saat itu, polisi menemukan 0,3 gram SS.

Yuliana sebelumnya pernah terjerat kasus narkoba. Dia ditangkap Polwiltabes Jogja. Berarti, setidaknya sudah tiga kali dia terjerat perkara narkoba.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 5 November 2009, in Hukum & Kriminal and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: