Kalo naik angkot kebablasan, wajar. Nah gimana kalo naek pesawat kebablasan?


Insiden pesawat milik maskapai Northwest Airlines yang kebablasan atau terlewat dari bandara tujuan di Minneapolis, Amerika Serikat, Kamis lalu, akhirnya terungkap. Rupanya, pesawat yang berangkat dari San Diego itu bablas sejauh 241 kilometer hanya lantaran sang pilot asyik mengobrol.

Penyelidikan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) menjelaskan bahwa dua pilot yang mengendalikan pesawat kehilangan kesadaran mengenai situasi yang berlangsung karena sibuk memperdebatkan kebijakan penerbangan. Kru pesawat juga tak menjawab panggilan menara pengawas lalu lintas udara (ATC).

Harian The Wall Street Journal edisi Jumat, 23 Oktober 2009 memberitakan petugas di menara ATC kehilangan kontak dengan pesawat di ketinggian 37 ribu kaki sejak pukul 18.56 malam waktu setempat. Kejadian ini berlangsung selama 78 menit.

Khawatir akan nasib 149 penumpang di atasnya, petugas ATC meminta bantuan pilot pesawat lain untuk menolong kru dan penumpang Northwest. Ketika upaya meminta bantuan tersebut gagal, Badan Penerbangan Federal (FAA) dan petugas militer mulai mempertimbangkan pengerahan jet tempur untuk memotong rute pesawat Airbus A320 itu. Ini merupakan prosedur umum di AS.

Pesawat dengan nomor penerbangan 188 ini akhirnya memutar haluan dan mendarat dengan selamat di bandar udara internasional St. Paul, Minneapolis. “Pesawat tiba sekitar pukul 21.15,” kata Ed Stewart, juru bicara Delta Air Lines, pemilik maskapai Northwest seperti dikutip laman harian The New York Times.

Stewart mengatakan dua pilot dalam penerbangan itu dilarang terbang hingga penyelidikan berakhir. Polisi bandara dan agen Biro Penyelidik Federal telah mengambil rekaman penerbangan dari kokpit pesawat untuk mengetahui kejadian sebenarnya.

Awalnya, penyelidik memokuskan diri untuk mengetahui apakah pilot tertidur di tengah penerbangan. Namun hasil penelusuran awal menunjukkan bahwa piot kehilangan arah dan gagal memberitahu petugas ATC.

*TVone

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 24 Oktober 2009, in Berita Dunia and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. numpang lewat, sob..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: