Hah..!! Sebuah meteor hantam sebuah truk hingga hancur, Mirip film Armagedon…


BumiSemula tindakan vandalisme yang diperkirakan sebagai penyebab kerusakan di sebuah kota kecil di Kanada. Namun belakangan kerusakan itu karena meteorit 4,6 miliar tahun.

Bebatuan dari meteorit ini menghancurkan sebuah truk di Grimsby, dekat Niagara Falls pada malam hari, tanggal 25 September.

Pemilik truk, Tony Garchinski dan ibunya Yvonne Garchinski berpikir bahwa itu adalah suatu tindakan perusakan yang dilakukan beberapa orang dan melaporkan hal ini kepada polisi.

Akan tetapi, astronom di University of Western Ontario mengatakan hari Jumat (16/10), bahwa ‘bebatuan yang tidak biasa’ ini berasal dari luar angkasa,.

Mereka mengatakan ketika truk hancur pada 25 September, mereka menangkap gambar sebuah “bola api” sedang melesat di angkasa dengan cahaya yang 100 kali lebih terang daripada bulan di langit.

Untuk mengumpulkan potongan-potongan itu, pihak universitas meminta orang-orang di sekitar kota untuk engambil setiap kepingnya.

Ketika Tony dan ibunya membaca laporan bahwa para peneliti sedang mencari sebuah benda yang kemungkinan adalah sebuah fragmen meteorit, mereka menelepon pihak universitas.

Ketika peneliti universitas, Phil McCausland datang dan memeriksa sebongkah batu itu, mereka terkejut saat ia mengatakan bahwa batu itu berusia 4,6 miliar tahun dan sama seperti meteorit bahwa mereka rekam di video dua minggu lalu.

“Itu sangat mengejutkan … mengetahui bahwa kita menyimpan potongan yang berasal dari luar angkasa,” kata Tony Garchinski.

Peter Brown, Profesor universitas yang ahli dalam studi tentang meteor dan meteorit dan Phil McCausland dihadapan keluarga Garchinski menunjukkan meteorit kepada awak media Jumat lalu.

“Memiliki keduanya, video dan sampel adalah emas karena kita mendapatkan informasi dinamis dan arah orbital dari video. Dan dengan memiliki batuan yang ditemukan di tanah, kita dapat menyelesaikan gambar,” kata McCausland.

“Kita dapat mengambil sebuah batu yang ada di tangan kita sekarang dan mempelajarinya dalam laboratorium terbaik di dunia, untuk kemudian dimasukan dalam konteks ke-tata surya-an. Kita bisa mengembalikannya ke tempat asal,” katanya.

*Inilah.com

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 18 Oktober 2009, in Berita Dunia, Sains & Teknologi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. payah masak cuma meteor kecil udah kewalahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: