Ada yang mo berenang ama Buaya, disini tempatnya… Aman kok.


SafariKALAU tidak ada aral melintang, Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor akan mengoperasikan wahan hiburan barunya, yakni Safari Water Park, pada hari kedua Lebaran ini. Senin (14/9) kemarin, saat Kompas mengunjungi wahana tersebut, puluhan pekerja masih beres-beres, memberi sentuhan akhir pada plaza dan gerbangnya.

Lima kolam renang yang berbeda-beda ukuran, sudah terisi air bersih yang dinginnya cukup mengejutkan. Begitu juga perlengkapan untuk bersenang-senang dalam kolam air, sudah berfungsi semua. Air mancur, air semprot, air kucuran keluar dari berbagai mulut patung atau replika satwa, seperti gajah dan singa, dalam berbagai ukuran. Begitu juga air mengaliri di papan-papan luncur atau prosotan atau tumpah dari tong, sebagaimana yang biasa ada di sebuah wahana permaian air.

Jansen Manangsang, Direktur TSI, menuturkan, SWP dibuat dengan konsep hutan hujan tropis Amazon, karena mencoba memanfaatkan keindahan alam asli hutan Gunung Pangrango. Ornamen yang menghias, tentu saja replika atau patung-patung satwa, termasuk gorilla dengan raut wajah yang ramah.

Pengunjung juga dapat berenang bersama lima ekor buaya dan lima ekor linsang atau berang-berang. Tapi, di kolam masing-masing. Buaya dan linsang berenang di kolamnya sendiri, pengunjung yang di kolam renangnya. “Kalau buaya berenang satu kolam dengan manusia, buayanya ya pasti buaya darat,” kata Manangsang dengan tertawa.

Membaca iklan atau lembaran promosi Taman Safari Indonesia mengenai wahana baru tersebut, memang menggiring pembacanya berasumsi di SWP pengunjung akan berenang bersama-sama dengan buaya dalam satu kolam. Faktanya tidak demikian adanya.

Memang dua kolam berisi buaya dan linsang (berang-berang) menempel di kolam renang lazy river. Namun, ada kaca tembus pandang setebal 1,5 cm yang memisahkan antara kolam satwa dan kolam untuk manusia tersebut.

Untuk bisa dekat mengamati satwa tersebut, pengunjung harus menyewa perahu karet bundar, dengan sewa Rp 50.000 per dua jam. Dengan perahu itu, satu keluarga inti dapat nyaman terayun-ayun mengikuti lintasan aliran kolam. Pemandangannya yang didapat, antara lain kolam berisi buaya, berang-berang, dan akurarium berisi berbagai jenis ikan tersebut.

Keistimewaan SWP y ang sejati adalah wahana seluas dua hektar itu memiliki panorama hutan alami Gunung Pangrango dengan udara dingin segarnya, yang tidak dimiliki wahan permainan air yang sudah ada selama ini. Bahkan jika langit cerah, puncak gunung tersebut akan terlihat jelas.

Tersedia saung-saung untuk istirahat yang dapat disewa pengunjung Rp 50.000 per tiga jam. Ini tempat cukup nyaman untuk bersama keluarga menikmati bekal makanan dari rumah. Atau istirahat tidur-tiduran setelah lelah berenang.

Yang dapat dinikmati juga adalah seni bangunan atau replika satwa, kayu-kayuan, dan bebatuan yang memperindah wahan tersebut. Semua be nda tersebut, dibuat dari semen dengan kerangka besi cor. Dengan bantuan cat, 20 orang seniman TSI, membuat benda benda dari semen itu, seperti kayu atau batu asli.

Oh, iya.. untuk menikmati wahan ini, setiap pengunjung harus membeli karcis masuk Rp 25.000, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain tersedia kolam untuk berenang atau bermain air, tersedia juga permainan menunggani hewan-hewan mainan yang digerakkan mesin, dengan lebih dahulu peminatnya memasukan koin ke kotak tersedia.

*Kompas

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 16 September 2009, in Hiburan, Lifestyle and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Koq mahal bgt sih ….
    Satu saung Rp.50.000,00 per 3 jam …
    Klo maennya lam gmn ???

  2. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H
    “Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir Dan Batin”

    Salam sukses gan..🙂

  3. kupikir satu kolam, hehehe, ternyata…kapan2 boeh deh nyobaik😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: