9 Cara jitu mempromosikan Website atau Blog Anda…


dollarSalah satu bagian penting dalam mebangun website adalah promosi. Kegiatan promosi diharapkan meningkatkan populeritas nama website di mata publik, serta menarik perhatian calon pengunjung.

Ada beberapa cara jitu yang dapat dijadikan cara berpromosi website anda.

1. Mendaftarkan Website ke Search Engine

Daftarkan website anda ke Google atau yahoo. Caranya? Klik disini untuk Google dan disini untuk Yahoo.

2. Daftarkan Website anda ke Web Directory

Banyak blog directory saat ini. Seperti Technorati, Blog Indonesia, Blogcatalog, dmoz atau mybloglog.

3. Web Syndication

Situs web modern, terutama yang dibangun berdasarkan software CSS seperti WordPress, biasanya memiliki fitur RSS feed. Fitur ini akan menampilkan update ringkasan isi berita dalam sebuah website. Selain menggunakan fitur feed yang sudah terintegrasi dengan CMS. Anda juga bisa membuat feed untuk website melalui FeedBurner.

4. Link Exchange

Tujuannya adalah untuk meningkatkan popularitas website. Website populer akan dikenal luas oleh publik dan memiliki rating dalam halaman pencarian search engine. Teknik ini disebut SEO (Search Engine Optimation) yang saat ini banyak digunakan. Untuk bertukar link, Anda bisa mencari situ2 yang memiliki mnu link, link exchange, link to us atau menu apa aja yang serupa. Bisa juga dengan teman atau kerabat anda yang telah memiliki pagerank tinggi.

5. Iklan

Iklan terbukti ampuh untuk mempromosikan sesuatu. Orang cenderung tergerak untuk embeli atau melakukan sesuatu karena iklan. Anda bisa menggunakan kekuatan iklan untuk mempromosikan usaha atau kegiatan Anda. Salah satu yang perlu Anda coba adalah Google Adwords yang merupakan program khusus dari Google.

6. Forum

Adalah salah satu sarana diskusi online di internet. Meskipun demikian, etika berpromosi via forum juga harus tetap dijaga. Jangan berpromosi langsung. Cukup gunakan footer atau signature saja. Salah satu forum yang ramai adalah Indonesiaindonesia atau forumdetik.

7. Newsletter

Newsletter juga menjadi media yang baik untuk berpromosi, menggalang pelanggan atau penggemar, dan membina keakraban antar anggota. Anda bisa membuat dan memasang fitur newsletter di website Anda. Para pengunjung website yang tertarik bisa mendaftarkan alamat emailnya dan akan memperoleh kiriman email secara berkala yang berisi informasi tentang kegiatan Anda.

8. Mailing List

Seperti halnya forum, mailing list pun merupakan sebuah forum. Anda bisa bergabung dengan milis2 yang membahas topik yang sesuai dengan situs Anda. Setiap kali mengirimkan psoting ke dalam milis, Anda bisa menyisipkan footer atau signature yang berisi nama situs Anda.

9. Promosi Offline

Promosi ini dilakukan di berbagai media tapi diluar internet. Anda bisa membagikan souvenir gratis yang memuat nama situs Anda serta alamat websitenya dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga bisa memasang iklan diberbagai media cetak, radio dan televisi, baik nasional maupun lokal. Dan hal ini terbukti sangat membantu meningkatkan popularitas website Anda di mata publik.

Tidak ada yang sulit, jika kita selalu berusaha mencobanya. Semoga bisa membantu.

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 9 April 2009, in Internet and tagged . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. terimakasih infonya mas. sangat membantu sekali buat saya yang pemula.

  2. bagi temen2 dan admin yang ingin pasang link situs/blog di direktori kami silahkan kunjungi: http://www.edriadaksana.com/directory/sites/
    gratis koq…
    Buat admin blog, makasih banyak dah mau nyebarin info ini.
    semoga bermanfaat.

  3. bagus mas infonya
    terima kasih

  1. Ping-balik: 9 Cara jitu mempromosikan Website atau Blog Anda… « Kali aja ada … | Bisnis Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: