Hati-hati membeli motor bekas di Showroom


Berkaca pada pengalaman pribadi, saya udah dua kali beli mokas (motor bekas) di showroom. Dengan barang yang masih terlihat “baru” dan harga yang lebih miring dari yang baru siapa yang ngga tertarik. Malah sekarang, mokas sudah pada bekerja sama dengan agen leasing.

Dulu, 12 tahun yang lalu aku pernah membeli sebuah sepeda mokas Kawasaki Kaze dari Showroom. Sebulan kemudian aku kontrol ke bengkel untuk ganti oli dan busi…. ternyata ada masalah… busi sudah tidak standard lagi, lubangnya lebih besar… jadi harus di ganti dengan tipe yang lain… seminggu kemudian ada suara-suara aneh di mesin… aku biarin, baru sebulan kemudian aku cek lagi di bengkel… ternyata stang Secher dan komponen yang ada didalamnya harus diganti…. beuu!! Biaya satu juta lebih…. ngga pikir panjang, aku jual lagi tuh motor dari pada bikin ribet… rugi 2 jt deh….

Kapok, iya dong…. aku ngga berani lagi beli mokas dari showroom, mending aku beli baru aja deh…. aman. Tapi emang penyakit aku yang seneng banget ganti-ganti motor, motor barupun sering aku jual lagi…. hingga pada akhirnya awal Pebruari 2009 ini, aku kembali tertarik membeli mokas dari showroom.. (lieurnya :-))

Aku dapet New Shogun 125 keluaran tahun 2008. Aku pikir, tahun segitu ngga akan terlalu ribet lah…. Namun perkiraanku meleset, banyak sekali onderdil asli sudah diganti dengan lokalan… dan sialnya itu ketahuan ketika barang sudah aku beli…. (perasaan aku teliti banget…)

Ini dia penyakitnya, kaca lampu depan lokal, spion lokal (kalo ini aku tahu), bearing depan harus diganti, ban dalam yang belakang ukuran besar 300 – 18 padahal ban luar 275-17, shockbecker belakang mati, oli shokbecker depan harus diganti dan baut as roda belakang dol alias aus…. cape deh…

Nah begitu, jadi pesan saya… kepada rekan-rekan sekalian agar lebih berhati-hati dalam membeli mokas. Kalo mo membeli mokas mending cari dari orang sudah kenal atau dari pemakai langsung. Karena ternyata parapenjual mokas di showroom unutk mendapatkan mokas tidak selalu dari pemakai, tapi sebagian besar justru dari tempat pelelangan mokas yang diadakan perusahaan pelelangan yang bekerja sama dengan agen leasing.

Saya sendiri pernah melihat open house acara pelelangan itu, dan memang kalo kita tidak pintar-pintar kitapun akan kecele, karena banyaknya onderdil yang sudah berganti rupa…..

About Den Bagoes

Satu detik waktu ke depan, adalah sebuah angan... Satu detik waktu berjalan, meraih sebuah kenyataan.... Satu detik waktu kebelakang, tinggalah sebuah kenangan.... Manfaatkanlah waktumu...

Posted on 15 Maret 2009, in Berita Lokal and tagged . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. mas, ane lagi nyari mokas satria fu 150 thn 2010 nih..
    niatnya sih mo ane tuker tambah sama vixion ane thn 2008..
    kira2 ada masukan ga mas buat ane? dan ada tempat recomended ga buat ane nyari showroom terpercaya..
    posisi ane di jatinangor mas..

    makasih mas sebelumnya atas infonya.. 🙂

  2. TQ om atas informasi na..

    btw wa mo bli mtor.. tp masih ragu mo ambil bkas..
    klo ambil baru kredit gag kuat.. mklum kerja mo masuk kul..

    ada saran om?

    bujet ane cman 2 mpe 3 jt an..

    Tq..

    punk_inzide@yahoo.com

    LoPhe

    • Begini Lop, kalo modal segitu mending nyewa aja, kalo tinggal di bandung ada jasa sewa motor dengan masa kontrak 1 bulan,,, kalo selesai kontrk duit kembali 100%, kalo mo perpanjang yang tinggal ttd dg materai 6000 perak. Tugas kita hanya merewat dan mejaga motor tsb. Dengan menunjukan bukti servis dan pembelian oli motor doang. Dengan modal segitu, kita bisa dapet mtr th 2006 ke bwah… kalo yg baru2 apalagi motor besar ky tiger atau tundr… itu bisa sampe 4 – 6 jt perbulan. Asyikloh setiap bulan kita bisa ganti2 motor, dan duit ngga ilang…cuman masalahnya susah dapet motor bagus cing… rebutan… kita harus sabar aja….

Tinggalkan Balasan

